Pengertian Gunung Beserta Ciri-Cirinya

December 28, 2018

Sering kali kita mengucapkan kata gunung pada saat diskusi mengenai bentuk permukaan bumi (morfologi bumi), namun banyak dari kita yang belum mengetahui hakikat pengertian dari gunung itu sendiri.

Untuk itu agar kita semua mengetahui dan mempunyai landasan pada saat diskusi tentang definisi gunung serta ciri-cirinya, kita akan membahas mengenai definisi gunung beserta ciri-cirinya.

Definisi Gunung

1. Menurut Wikipedia

Gunung adalah sebuah bentuk tanah yang menonjol di atas wilayah sekitarnya. Gunung adalah bagian dari permukaan bumi yang menjulang lebih tinggi dibandingkan dengan daerah sekitarnya. Sebuah gunung biasanya lebih tinggi dan curam dari sebuah bukit, tetapi ada kesamaaan, dan penggunaan sering tergantung dari adat lokal. Beberapa otoritas mendefinisikan gunung dengan puncak lebih dari besaran tertentu; misalnya, Encyclopædia Britannica membutuhkan ketinggian 2000 kaki (610 m) agar bisa didefinisikan sebagai gunung.

2. Menurut KBBI

Definisi gunung adalah Bukit yg sangat besar dan tinggi (biasanya tingginya lebih dari 600 m). Yang biasanya digolongkan sebagai gunung adalah gundukan tanah atau bukit dengan ketinggian diatas 600 mdpl.

Gunung terbentuk dari adanya gerakan tektonik. Gerakan tektonik ialah gerak dari dalam bumi yang menyebabkan naik atau turunya permukaan bumi.

Pada peta, gunung digambarkan dengan bentuk segitiga berwarna hijau jika tidak aktif dan warna merah jika masih aktif.

3. Menurut Tulisan Diktat UINSBY

Gunung adalah suatu bentuk permukaan tanah yang menjulang yang letaknya jauh lebih tinggi daripada tanah-tanah di daerah sekitarnya. Gunung pada umumnya lebih besar dibandingkan dengan bukit, tetapi pendapat ini tidak murni benar karna ada bukit di suatu tempat bisa jadi lebih tinggi dibandingkan dengan apa yang disebut gunung di tempat yang lain. Gunung pada umumnya atau pada dasarnya memiliki lereng yang curam dan tajam dan bebatuan atau bisa juga dikelilingi oleh puncak-puncak atau pegunungan. 

Pada dasarnya beberapa ketinggian gunung bisa memiliki dua atau lebih dari dua iklim karena ketinggiannya, dan hanya berberapa jenis tumbuh- tumbuhan yang bisa hidup di sana, dan kehidupan yang berbeda. Sedangkan Pegunungan adalah sebuah dataran yang menjulang lebih tinggi dari sekelilingnya. Dalam pengertian yang lain, pegunungan adalah perbukitan yang berketinggian antara 500 m-600 m dari permukaan laut. Pegunungan berlereng terjal, dengan relief sekitar yang curam dan kawasan puncak yang relatif lebar.

Ciri-Ciri Gunung

1. Dingin

Ciri pertama gunung ialah dingin, dikarenakan gunung dapat disebut dengan gunung jika berketinggian minimal 610 mdpl menurut Encyclopædia Britannica dan 600 mdpl menurut KBBI.

2. Bertebing

Ciri kedua gunung ialah bertebing, karena pada dasarnya gunung merupakan kenampakan alam yang berasal dari tenaga endogen (tenaga dari dalam bumi) yang menekan ke permukaan bumi dan mengeluarkan lahar sehingga terciptanya gunung dan pastinya memiliki tebing.

3. Banyak Bebatuan

Ciri ketiga gunung ialah banyaknya bebatuan, bebatuan-bebatuan yang banyak tersebut berasal dari sumbernya langsung yaitu mineral yang membeku dari letusan gunung, dan mineral-mineral yang membeku tersebut berasal daripada zat-zat yang berbeda-beda.

4. Menghasilkan Ledakan atau Erupsi (Jika Gunung Masih Aktif)

Ciri keempat ini merupakan ciri yang khas yang dimiliki oleh gunung, khususnya gunung yang masih aktif.

Mengacu pada ciri nomor 2 yaitu bertebing, lahar mendorong keluar dari dalam bumi (tenaga endogen) yang membentuk gunung sehingga sampai saat ini pusat keluarnya lahar tetap di gunung-gunung yang dahulunya menjadi titik dorong lahar dari dalam bumi.

5. Mengeluarkan Bau Belerang

Ciri terakhir daripada gunung ialah mengeluarkan bau belereng, bau belerang ini berasal langsung daripada belerang itu langsung yang merupakan sebuah unsur.

Jadi, bagaimana? jangan sampai bingung mengeluarkan landasan definisi gunung beserta ciri-cirinya ya kawan...

Penulis : Muhammad Afif Ammar

Sumber Referensi : Brainly, Sumberpengertian.co, UINSBY, Wikipedia.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

1 comments:

Write comments