Jenis-Jenis Pariwisata Menurut Konferensi Roma Tahun 1963

December 10, 2018

Pada tahun 1963 telah diselenggarakannya sebuah konferensi yang membahasa mengenai tujuan pariwisata di kota roma negara itali, konferensi ini membahas mengenai sebab-sebab tujuan pariwisata yang dilakukan seseorang dalam topik " Porpose To Visit ".

Berikut jenis-jenis pariwisata yang telah dirumuskan pada konferensi tersbut :

1. Holiday (Liburan)
Dimana seorang turis/wisatawan melakukan perjalanan wisata pasti dengan tujuan utama yaitu berlibur untuk menikmati objek daerah tujuan wisata yang dikunjungi untuk melepas kepenatan dari rutinitas yang dijalani.

2. Visited Tired of Relativies
Dimana seseorang yang ada keperluan untuk mengunjungi keluarganya yang sedang sakit atau melepas kerinduan dengan keluarganya tersebut. Maka, setelah itu barulah seseorang tersebut melakukan perjalanan wisata.

3.Business (Bisnis)
Dimana seseorang mengunjungi daerah/Negara lain dengan 1 hingga 2 hari untuk urusan pekerjaan bisnis dengan client nya. Setelah pekerjaannya selesai maka dia akan melakukan perjalanan wisata di daerah yang dikunjunginya.

4. MICE (Meeting Incentive Convention Exadition)
Dimana beberapa orang pengusaha berkumpul di suatu daerah wisata untuk melakukan meeting project. Setelah urusan mereka selesai maka mereka akan berwisata di daerah wisata tersebut. 

5.Healthy (Kesehatan)
Dimana seseorang yang mengalami sakit akan berobat di daerah/Negara lain yang memang telah direkomendasikan dari Negara/daerah asal. Setelah melakukan pengobatan dan perawatan, maka dia bisa melakukan perjalanan wisata di Negara/daerah yang dikunjunginya.

Contohnya : orang Indonesia yang berobat ke Negara Singapura

6. Sport (Olahraga)
Dimana seseorang mengikuti sebuah kegiatan turnamen perlombaan bidang olahraga di Negara lain yang menjadi tuan rumah dari ajang perlombaan tersebut. Setelah perlombaan itu selesai, maka dia berkesempatan untuk berwisata di daerah/Negara yang dikunjunginya.

Contohnya : Atlet Lari Indonesia yang bertanding dalam olimpiade Rio di Negara Brazil berwisata di pantai Rio setelah melakoni laganya di olimpiade.

7.Ziarah
Dimana seseorang melakukan ibadah/berziarah ke makam orang yang berpengaruh di kepercayaannya. Setelah dia melakukan ibadah dan zaiarah tersebut, dia akan melanjutkan dengan kegiatan berwisata di daerah yang dikunjungi.

Contoh : Orang yang ber-haji di tanah suci Makkah

8. Studi (Sekolah)
Dimana seseorang yang mendapat beasiswa atau yang memang ingin melanjutkan kuliah atau sekolah di Negara lain. Maka, mereka akan menetap untuk beberapa tahun. Dan juga mereka bisa menikmati objek daerah tujuan wisata tempat mereka kuliah atau sekolah.

Artikel Terkait

Previous
Next Post »