Cara Mengambil Citra Satelit dari Glovis

December 02, 2018

Citra Satelit merupakan hasil dari pemotretan/perekaman alat sensor yang dipasang pada wahana satelit ruang angkasa dengan ketinggian lebih dari 400 Kilometer (Km) dari permukaan bumi.


Citra pertama ruang angkasa diambil adalah saat penerbangan sub-orbital. Amerika Serikat melakukan penerbangan V-2 pada 24 Oktober 1946, dan mengambil gambar dalam setiap 1,5 detik. Foto Bumi pertama kali dibuat pada tanggal 14 Agustus 1959 oleh Explorer 6 AS. Foto satelit untuk Bulan pertama kali dibuat pada tanggal 6 Oktober 1959 oleh Uni Soviet dengan satelit Luna 3, dalam misinya untuk memotret sisi jauh bulan. Foto Blue Marble diambil dari ruang angkasa pada tahun 1972, yang akhirnya menjadi sangat populer di media dan kalangan masyarakat. Juga pada tahun 1972, Amerika Serikat memulai program Landsat, sebuah program besar untuk akuisisi foto Bumi dari luar angkasa. Landsat Data Continuity Mission, satelit Landsat terbaru, diluncurkan pada tanggal 11 Februari 2013. 


Foto satelit memiliki banyak kegunaan dalam meteorologi, pertanian, geologi, kehutanan, landscape, konservasi, keanekaragaman hayati, perencanaan daerah, pendidikan bahkan peperangan.

Untuk mengambil sebuah citra satelit, dapat dilakukan dalam beberapa metode seperti mengunduh di situs-situs pemerintahan yang memiliki badan satelit sendiri.

Disini kita akan membahas mengenai cara mengambil citra satelit dari Glovis
Apa Itu Glovis?
Langkah-langkah mengunduh citra satelit dari Glovis
1. Buka website Glovis di www.Glovis.Usgs.Gov
2. Klik Di Kanan Atas Menu Login


3. Isikan Username dan Password, kemudian klik Sign In
Baca Juga : Cara Mendaftar Akun USGS


4. Klik Launch GloVis


5. Pilih Data Set ( Kotak Berwarna Merah ) dan Meta Data Filter ( Kotak Berwarna Kuning, data set berguna sebagai pilihan untuk mengambil data dari satelit mana, seperti ASTER, DOQ, EO-1 ALI, EO-1 Hyperion dan Global Land Survey, sementara Meta Data Filter berfungsi sebagai acuan dari waktu mana kita ambil data seperti dari tahun 2012 tahun 2013 dari Bulan Januari sampai Desember, selain itu juga di Metadata Filter kita dapat mengambil citra pada cloud cover ( tutupan awan) tertentu. Jika ingin tutupan awannya sedikit, saran saya untuk membuat cloud covernya 0 - 15


6. Pilih citra yang ingin di ambil, disini saya mengambil contoh citra banda aceh sekitarnya.


7. Setelah citra yang ingin dicari telah dapat, kemudian klik download di bawah kanan layar


8. Pilih GeoTIFF atau pilihan paling bawah dengan ukuran paling besar.


Penulis : Muhammad Afif Ammar

Artikel Terinspirasi dari pengajaran Dosen SIG ( GIS ) Universitas Negeri Medan , Bapak Riki Rahmad S.Pd M.Sc

Artikel Terkait

Previous
Next Post »

2 comments

Write comments