Apa Itu Copyleft?

December 29, 2018

Pada artikel sebelumnya, kita telah membahas mengenai pengertian daripada copyright serta sejarahnya, sekarang saya akan sedikit memaparkan hasil temuan saya yang pastinya cukup akurat tentang lawan kata dari copyright yang sebelumnya kita bahas, yaitu Copyleft...

Langsung aja ga pake lama, berikut pengertian daripada copyleft menurut Wikipedia :

Copyleft adalah permainan kata dari copyright (hak cipta) dan seperti halnya makna berlawanan yang dikandung masing-masing (right vs left), begitu pula arti dari kedua istilah tersebut berlawanan. Copyleft merupakan praktik penggunaan undang-undang hak cipta untuk meniadakan larangan dalam pendistribusian salinan dan versi yang telah dimodifikasi dari suatu karya kepada orang lain dan mengharuskan kebebasan yang sama diterapkan dalam versi-versi selanjutnya kemudian. 

Copyleft diterapkan pada hasil karya seperti perangkat lunak, dokumen, musik, dan seni. Jika hak cipta dianggap sebagai suatu cara untuk membatasi hak untuk membuat dan mendistribusikan kembali salinan suatu karya, maka lisensi copyleft digunakan untuk memastikan bahwa semua orang yang menerima salinan atau versi turunan dari suatu karya dapat menggunakan, memodifikasi, dan juga mendistribusikan ulang baik karya, maupun versi turunannya. Dalam pengertian awam, copyleft adalah lawan dari hak cipta.

Pengarang dan pengembang yang menggunakan copyleft untuk karya mereka dapat melibatkan orang lain untuk mengembangkan karyanya sebagai suatu bagian dari proses yang berkelanjutan.

Dapat disimpulkan bahwasanya copyleft merupakan kebalikan dari copyright, yang dimana copyright melarang memperbanyak suatu karya sementara copyleft mengizinkan untuk memperbanyak ataupun memodifikasi hasil karyanya tersebut.

Bagaimana? sudah semakin jelaskan? Ok kalau begitu

Penulis : Muhammad Afif Ammar

Sumber Referensi : Wikipedia

Artikel Terkait

Previous
Next Post »